5 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

5 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Halo sobat Agarillus! Masih sehat semua, kan? Kali ini mimin membahas tentang Propolis. Apa itu propolis? Manfaatnya apa saja? Silakan dibaca yaaa…. point nomor 4 Wow… luar biasa. Baca yuk.

Tinggalkan komentar yaa… agar dapat segera mimin balas.

Apakah itu Propolis?

Propolis adalah salah satu obat herbal yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Manusia pada zaman peradaban kuno telah menggunakan obat herbal ini untuk membantu menyembuhkan serta mencegah berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit tertentu.

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, para peneliti percaya menduga bahwa sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiradang dalam herbal ini dapat membantu memberikan perlindungan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

1. Menyembuhkan luka dan herpes genital

Propolis memiliki senyawa polifenol yaitu flavonoid yang dapat berfungsi sebagai anti jamur. Senyawa ini yang membuat propolis dapat menyembuhkan luka.

Sebuah studi menunjukkan propolis dapat mempercepat pertumbuhan sel baru ketika kulit mengalami luka bakar atau luka melepuh.

Hal ini dapat membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Selain itu, kandungan propolis juga dapat menyembuhkan dan mengurangi gejala dari herpes genital. Bukan hanya menyembuhkan, sebuah studi di jurnal Phytotherapy Research menunjukkan penggunaan obat herbal dengan bahan dasar propolis dapat mengatasi timbulnya virus herpes dalam tubuh.

Hal ini karena propolis memiliki kandungan senyawa pinocembrin yang berfungsi sebagai anti radang dan anti mikroba. Senyawa ini diketahui dapat mempercepat penyembuhan berbagai macam luka.

2. Mencegah perkembangan sel kanker

Menurut salah satu studi dalam jurnal Clinical Review in Allergy and Immunity, propolis diketahui dapat menjadi obat herbal anti kanker yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, propolis juga berfungsi memblokir jalur penyebaran kanker agar tidak semakin meluas.

Dengan kata lain, propolis dapat digunakan sebagai pendamping dari pengobatan kanker agar proses penyembuhan dapat berjalan maksimal.

Penelitian lain menyebutkan, propolis dapat digunakan sebagai tambahan terapi kanker yang tepat untuk penderita kanker payudara karena senyawa anti tumor yang dihasilkan dapat mengatasi kanker payudara dengan signifikan.

Penelitian ini juga akan terus dilakukan untuk memastikan manfaat dari pengobatan herbal dengan propolis.

3. Mengobati penyakit DBD

Menurut penuturan Dr. Soroy Lardo, Sp.PD, untuk mengembalikan daya tahan tubuh para suspect virus corona, propolis dapat mempercepat penyembuhan penyakit DBD.

Penelitian ini dilakukan terhadap 63 orang pasien DBD di sebuah rumah sakit di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstrak propolis dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dan mempercepat penyembuhan.

Obat herbal yang mengandung propolis ini dapat digunakan sebagai terapi tambahan dalam pengobatan pasien DBD. Propolis dapat meningkatkan trombosit, leukosit, hingga hematokrit dalam tubuh. Namun, belum diketahui apa propolis dapat menyembuhkan gejala dari demam berdarah.

4. Pencegah penularan penyakit akibat virus dan bakteri

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lebah mengumpulkan madu dan propolis yang beragam. Senyawa propolis biasanya mengandung zat pinobanksin 3Oacetate, pinobanksin, ferulic acids, chrysin, prenyl esters of caffeic, pinocembrin, dan lainnya.

Kandungan senyawa kimia inilah yang dapat berfungsi sebagai obat sekaligus suplemen daya tahan tubuh.

Zat antioksidan, anti kanker, anti inflamasi, dan kandungan zat lainnya membuat propolis dapat berguna sebagai penangkal penyakit akibat bakteri, virus, maupun jamur. Propolis juga diketahui dapat mengatasi masalah flu, TBC, hingga infeksi saluran napas.

Hal ini yang membuat propolis mampu meningkatkan daya tahan tubuh para suspect corona yang sedang dikarantina supaya lebih cepat sembuh.

5. Membantu merawat gigi dan mulut

Selain jadi perawatan kulit, herbal yang mengandung propolis juga bisa digunakan sebagai obat kumur, pasta gigi, gel oral, dan permen tenggorokan karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya yang telah diakui.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara in vitro, diketahui bahwa propolis memiliki dampak yang positif terhadap kesehatan gigi dan mulut. Sifat antibakteri dan antiradang herbal yang mengandung propolis dapat mencegah pertumbuhan bakteri Candida dan Streptococci yang menjadi penyebab kerusakan gigi dan mulut.

Selain itu, asam caffeic yang terkandung juga efektif untuk memengaruhi fungsi membran epitel di dalam mulut terhadap paparan mikroba.

Produk Agarillus yang memiliki manfaat seperti di atas adalah Agarillus Drop. Ya, Agarillus Drop memiliki kandungan propolis. Jadi sangat cocok digunakan apabila sobat Agarillus memiliki masalah kesehatan seperti di atas. Pilihlah Agarillus Drop lebih sehat, aman, praktis, dan bermanfaat bagi kesehatan sobat semua.

Ok sobat Agarillus, itulah tadi bahasan tentang 5 manfaat propolis untuk kesehatan kalian. Tinggalkan komentar di bawah yaa…. agar mimin dapat membalasnya.

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.