8 Alasan Mengapa Vaksin Covid-19 Penting

8 Alasan Mengapa Vaksin Covid-19 Penting

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Hai sobat Agarillus! Masih sekitar vaksin Corona nih bahasannya. Tapi kali ini lebih focus pada mengapa vaksin corona itu penting? Nah, perlu disimakkan. Bagaiman pendapatmu tentang pentingnya Vaksin ini, tinggalkan komentar di bawah yaa… agar mimin bisa membalas. Ayo dibaca dengan seksama yaa…

Mengapa vaksin Covid-19 penting?

Indonesia menjadi salah satu negara yang paling terdampak dari pandemi Covid-19. Per 16 Desember 2020, kasus positif virus corona di Tanah Air mencapai 629.429, sedangkan yang sembuh 516.656, dan meninggal dunia 19.111 jiwa.

Vaksin Covid-19 dibutuhkan untuk menghentikan rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Maka dari itu, berikut adalah alasan mengapa vaksin Covid-19 penting untuk Anda dapatkan.

1. Mencegah tubuh terinfeksi Covid-19

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), salah satu alasan utama mengapa vaksin Covid-19 penting adalah mencegah tubuh terinfeksi virus corona.
Saat ini, berbagai macam vaksin Covid-19 sedang menjalani proses uji klinis. Jika sudah disetujui dan diedarkan ke masyarakat, pemberian vaksin dapat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap virus corona.

2. Mencegah komplikasi Covid-19

Saat Covid-19 masuk ke dalam tubuh, virus ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang mengancam nyawa, seperti:

  • Pneumonia
  • Sindrom gangguan pernapasan akut
  • Gagal hati akut
  • Gagal jantung akut
  • Gagal ginjal akut
  • Syok septik
  • Penggumpalan darah
  • Rhabdomyolysis (rusaknya otot dan matinya jaringan tubuh).

Meskipun Anda telah terinfeksi Covid-19, berbagai komplikasi di atas dapat dicegah jika Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

3. Melindungi orang di sekitar dari Covid-19

Vaksin Covid-19 tidak hanya melindungi Anda dari penyebaran virus corona, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum atau tidak bisa mendapatkan vaksin.

Menurut situs Satgas Penanganan Covid-19, terdapat beberapa orang yang tidak dapat diimunisasi akibat faktor usia dan penyakit tertentu.

Saat tubuh Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19, orang-orang di sekitar Anda yang berisiko mengidap komplikasi Covid-19 juga akan terhindar dari virus corona.

4. Mencegah penularan Covid-19 dari pasien virus corona

Selain dipercaya bisa mengurangi tingkat keparahan komplikasinya, vaksin Covid-19 juga bisa mencegah penularan Covid-19 dari orang-orang yang sudah terinfeksi virus corona.

Dengan memvaksinasi pasien Covid-19, virus yang ada di dalam tubuhnya dianggap tidak akan mudah menular.

5. Membantu ciptakan antibodi untuk melawan Covid-19

Saat tubuh sudah tervaksinasi, vaksin Covid-19 akan membantu tubuh menciptakan respons antibodi yang bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh kita.

6. Menghentikan pandemi

Saat vaksin Covid-19 sudah diedarkan secara menyeluruh ke masyarakat di sebuah negara, kemungkinan besar pandemi virus corona dapat dihentikan.

Semakin banyak vaksin Covid-19 yang didistribusikan, semakin banyak juga masyarakat yang sudah terimunisasi. Dengan begitu, rantai penyebaran dapat dihentikan.

7. Keamanan vaksin sudah terbukti

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar bahwa ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi Covid-19.

Daripada mengambil risiko dengan obat alami yang belum terbukti, lebih baik memvaksinasi diri dengan vaksin Covid-19.

Semua vaksin yang nantinya diedarkan ke masyarakat sudah melalui uji keamanan dan efektivitas yang ketat. Berbagai uji klinis pun sudah dilakukan untuk mengukur tingkat keamanannya.

8. Minim rasa sakit dan tidak nyaman

Beberapa orang mungkin takut bahwa vaksin akan mengundang rasa sakit dan tidak nyaman setelahnya. Namun tenang, hampir semua rasa tidak nyaman atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bersifat ringan dan temporer. KIPI yang parah sangat jarang terjadi.

Sampai di sini dulu bahasannya ya sobat. Tinggalkan komentar kalian di bawah agar mimin bisa segera membalas. Jaga Kesehatan dan pertahankan imunitas kalian agar tidak mudah sakit.

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.