8 Manfaat Daun Pegagan

8 Manfaat Daun Pegagan

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Halo sobat Agarillus! Apa kabar kalian hari ini. Harapan mimin kalian tetap sehat ya. Dalam masa pandemi seperti ini kita harus pandai-pandai menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. (Red: artikel ini ditulis masih dalam masa pandemi sejak Desember 2019).

Artikel kali ini akan menjelaskan si daun kecil yang memiliki kaya manfaat. Daun apakah itu? Hehehe…. ayo disimak, tinggalkan komentar di bawah yaa… agar mimin dapat membalas komentar kalian segera. Happy reading.

Daun tersebut adalah daun pegagan. Daun yang memiliki bentuk kecil sering ditemukan di pinggir sungai atau di kebun. Tanaman ini juga tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun.

Daun pegagan sudah digunakan oleh nenek moyang sebagai ramuan abadi yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tumbuhan ini digunakan dalam pengobatan tradisonal China serta pengobatan Ayurveda.

Daun pegagan mengandung sejumlah zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer.

Manfaat daun pegagan yang berlimpah, menarik banyak ahli untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas tanaman herbal yang satu ini.

1. Mempercepat penyembuhan luka.

Ekstrak daun pegagan memiliki efek positif dalam mempercepat penyembuhan luka, untuk beberapa jenis. Misalnya, luka akibat beda tajam, luka sobek tak beraturan akibat benturan, dan luka yang terinfeksi.

Daun pegagan memiliki kandungan triterpenoid yang berperan mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

Sebuah penelitian menyatakan daun pegagan bisa mengurangi jaringan parut setelah operasi. Pasien yang mengonsumsi ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi, mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain itu, kemunculan jaringan parut di area bekas sayatan operasi juga cenderung lebih sedikit. Herbal ini juga membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

2. Meredakan stress.

Ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan. Mengonsumsi ekstrak daun pegagan ternyata merupakan obat antidepresan alami yang efektif.

Saat Anda mengalami stres kronis (stres dalam jangka waktu lama), detak jantung Anda akan meningkat secara konsisten sehingga stres kronis dapat meningkatkan risiko Anda terkena hipertensi, serangan jantung, atau stroke.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Mengonsumsi daun pegagan diklaim berhasil menurunkan kadar stres, depresi, hingga cemas yang dirasakan.

3. Mengobati penyakit alzheimer.

Pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf, yang memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Dalam penelitian, ekstrak pegagan memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Ekstrak pegagan juga dapat melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

4. Menyamarkan stretch marks.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2013, daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Kandungan terpenoid dalam tanaman ini diduga bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Berkat itulah, daun pegagan diyakini mampu mencegah timbulnya stretch mark baru sekaligus memperbaiki penampilan kulit dengan menyamarkan stretch mark yang sudah ada.

5. Membantu proses detoksifikasi.

Manfaat selanjutnya dari daun pegagan, yakni efektif dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun dari tubuh secara alami. Hal ini tak terlepas dari senyawa yang berhubungan dengan toksisitas pada hati dan ginjal.

6. Memperlancar sirkulasi darah.

Penelitian pada 2013 menemukan bahwa pegagan dapat mengurangi masalah retensi cairan dan pembengkakan pergelangan kaki.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pegagan dapat bermanfaat dalam mengobati varises. Ini mungkin karena pegagan memiliki efek metabolik positif pada jaringan ikat dinding pembuluh darah.

7. Membantu meredakan sakit persendian.

Khasiat antiradang dari manfaat pegagan diduga bisa membantu mengatasi artritis. Sebuah studi terhadap tikus di laboratorium menemukan bukti bahwa pemberian tanaman ini bisa mengurangi radang sendi maupun erosi tulang rawan dan tulang.

Kandungan antioksidan dalam daun pegagan juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga mengurangi inflamasi.

8. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Manfaat daun pegagan berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2016 menyebutkan bahwa manfaat daun pegagan dan asam folat sama-sama dapat meningkatkan fungsi otak. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa pegagan lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang setelah stroke dibanding asam folat.

Produk Agarillus yang memiliki manfaat seperti di atas adalah Agarillus Drop. Ya, Agarillus Drop memiliki kandungan daun pegagan. Jadi bila sobat Agarillus memiliki masalah daya ingat, persendian, stretch marks, luka yang sulit sembuh, pilihlah Agarillus Drop. Sehat, aman, praktis, dan bermanfaat bagi kesehatan sobat semua.

Agarillus Drop

Ok sobat Agarillus, itulah tadi bahasan tentang 8 manfaat daun pegagan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kalian. Tinggalkan komentar di bawah yaa…. agar mimin dapat membalasnya.

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.