Cara Sembuh dari Hepatitis Tanpa Keluhan

Cara Sembuh dari Hepatitis Tanpa Keluhan

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Apa kabar sobat AGARILLUS? Semoga kalian dalam keadaan yang sehat dan hari-hari kalian berjalan degan lancer. Kali ini Mimin mau bahas 2 tumbuhan obat lagi nihh yaitu tumbuhan meniran dan kumis kucing, pernah mendengar? Jika belum simak artikel ini mimin akan memberi informasi seputar manfaat dari tumbuhan meniran dan kumis kucing

Tumbuhan Meniran

Meniran atau yang memiliki nama latin Phyllanthus urinaria merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat tegak dan lurus. Tinggi tanamannya sendiri bisa mencapai satu meter atau lebih. Sekilas, bentuk tanaman ini mungkin hampir mirip dengan tumbuhan putri malu.

Hanya saja, meniran memiliki bentuk daun yang kecil dan berbentuk lonjong dan berjarak. Bunga tumbuhan ini terdapat pada setiap ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah. Kita akan sering menjumpai tanaman ini di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Meski sering dianggap sebagai tumbuhan rumput biasa, meniran mengandung senyawa kimia yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Seperti kalium, zat filantin, damar, dan zat penyamak. Berikut manfaat daun meniran untuk kesehatan tubuh

  • Sebagai Antioksidan

Melansir dari laman healthline, menurut sebuah studi di vitro tahun 2014 mengatakan ekstrak yang terbuat dari daun phyllanthus niruri menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat.

Antioksidan sendiri membantu untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit. Selain itu, antioksidan juga bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.

  • Cegah batu ginjal dan saluran kemih

     

Daun meniran dikatakan bisa membantu mengikis ukuran batu yang terbentuk di saluran kandung kemih dan ginjal. Manfaat daun ini bisa mengendurkan ureter setelah lithotripsy untuk membantu batu keluar.

Lithotripsy sendiri merupakan prosedur yang digunakan oleh medis untuk memecah batu di saluran kandung kemih. Ekstrak daun meniran juga dipercaya mampu mencegah pembentukan batu dan bisa menghentikan kristal yang terbentuk.

  • Cegah Virus

Setelah dilakukan penelitian, daun meniran dikatakan mampu mencegah berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus. Sebuah studi pada tahun 2013 meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel. Dan hasilnya menunjukkan daun meniran bisa memerangi infeksi ini.

Daun meniran juga dikatakan dapat mengatasi infeksi lain seperti hepaitis B dan HIV. Hal ini dikarenakan daun meniran mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik dan mencegah datangnya infeksi.

  • Efek Diuretik

Beberapa praktisi pengobatan herbal menggunakan Phyllanthus niruri sebagai diuretik. Dalam sebuah studi 2018, peneliti menemukan bahwa Phyllanthus niruri memiliki efek diuretik pada tikus, meningkatkan ekskresi natrium dalam urin. Diuretik menghilangkan air dan natrium dari tubuh. Mereka dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi dan berbagai kondisi lainnya.

  • Cegah Peradangan

Selain itu, daun meniran juga dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan dan memiliki efek seperti ibuprofen. Meniran juga diteliti mampu mengurangi sekresi asam lambung dan melindungi perut. Ini juga menunjukkan efek anti-inflamasi yang kuat terhadap tukak lambung.

  • Anti Bakteri

Selain bisa cegah peradangan, ekstrak daun meniran juga berguna sebagai anti-bakteri karena memiliki kemampuan anti-mikroba terhadap bakteri H.pylori.

Jenis bakteri H.pylori sendiri sering ditemukan pada saluran pencernaan. Bakteri ini memang biasanya tidak berbahaya. Namun, di beberapa kasus bakteri ini bisa menyebabkan tukak lambung, mual, dan sakit perut. Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun meniran tidak membahayakan strain bakteri asam laktat yang bermanfaat.

  • Atasi Diabetes

Kandungan ekstrak duan meniran dikatakan mampu membantu mencegah penyerapan glukosa dan meningkatkan penyimpanan glukosa. Hal ini tentu saja bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak tanaman meniran dapat membantu menurunkan gula darah puasa dan mencegah lonjakan gula darah.

  • Atasi Hepatitis B

Ekstrak daun meniran juga dikatakan dapat membantu mengobati infeksi hepatitis B akut karena kemampuannya sebagai anti virusnya yang bisa melindungi hati.
Hepatitis B adalah bentuk virus hepatitis yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati jangka panjang.

  • Bantu Lindungi Kesehatan Hati

Para ilmuwan telah menemukan bahwa spesies Phyllanthus tertentu dapat membantu mencegah peradangan dan kerusakan hati.
Dikutip dari laman Liputan6, menurut sebuah studi pada 2012 di bidang Biologi Farmasi, ekstrak Phyllanthus polyphyllus, Phyllanthus emblica, dan Phyllanthus indofischeri mampu melindungi sel-sel hati (disebut hepatosit) dari tekanan oksidatif ketika terpapar hidrogen peroksida dalam serangkaian studi tabung.

  • Cegah Kanker

Phyllanthus niruri dan spesies phyllanthus lainnya dapat membantu mencegah metastasis dari beberapa kanker paru-paru dan payudara. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi tahun 2011 yang menunjukkan polifenol dalam ramuan daun meniran mampu membantu mencegah invasi, migrasi, dan adhesi sel kanker.

Sebuah studi pada 2012 pada garis sel kanker kolorektal dan hati manusia juga menemukan bahwa phyllanthus niruri membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mendorong kematian sel kanker.

Untuk dikonsumsi

Kita bisa mengolah daun meniran dan meminum air ekstrak dari tumbuhan tersebut. Caranya dengan menyiapkan kurang lebih 50 gram daun meniran yang sudah dibersihkan lalu rebus dengan 3 gelas air hingga air menyusut. Biarkan sampai dingin, lalu saring dan minum 1/2 gelas sebanyak 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, Anda bisa menumbuk atau menggiling daun meniran yang sudah bersih sampai halus. Kemudian, bubuhkan bahan tersebut pada area yang sakit, dan dibalut.

Tumbuhan Kumis Kucing (Orthosiphon staminelli)

Daun kumis kucing dari dulu kala sudah digunakan untuk ramuan tradisional. Tanaman ini tumbuh di Asia Tenggara yakni Indonesia dan Malaysia.
Biasanya kita mengenali daun kumis kucing dari bunganya yang berwarna putih atau ungu dengan benang sari panjang dan mirip kumis kucing. Karena itu tanaman ini dinamai tanaman kumis kucing.

Daun kumis kucing dari dulu kala sudah digunakan untuk ramuan tradisional. Tanaman ini tumbuh di Asia Tenggara yakni Indonesia dan Malaysia.

Biasanya kita mengenali daun kumis kucing dari bunganya yang berwarna putih atau ungu dengan benang sari panjang dan mirip kumis kucing. Karena itu tanaman ini dinamai tanaman kumis kucing

  • Cegah Darah Tinggi

darah tinggi agarillus

Daun kumis kucing dipercaya dapat mencegah darah tinggi. Sebab daun itu memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Methylripariochromene A diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kumis kucing juga mengandung kalium yang tinggi. Kalium membantu mengurangi efek sodium.

  • Obat Ginjal

Manfaat kumis kucing berikutnya yakni menyembuhkan penyakit ginjal. Ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil, dan batu kandung kemih.

  • Obati Rematik

Salah satu ciri penyakit rematik yakni peradangan. Rematik memengaruhi struktur pendukung tubuh bahkan organ. Kalau kamu mengalami rematik, minumlah ekstrak daun kumis kucing. Daun kumis kucing dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian.

  • Cegah Infeksi Saluran Kencing

Daun kumis kucaing disebut dapat mencegah infeksi saluran kencing. Sifat antibakteri dan antimikroba menjadikan daun kumis kucing dapat mengatasi infeksi tersebut.

Daun kumis kucing membantu mengurangi bakteri menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil dapat mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemih. Infeksi saluran kemih kerap terjadi pada wanita.

  • Atasi Keputihan

Penyebab keputihan yakni jamur dan bakteri. Infeksi jamur dan ragi menyebabkan keputihan. Sedangkan untuk bakteri yang menyebabkan keputihan yakni bacterial vaginosis. Bakteri ini menyebabkan keputihan yang memiliki bau kuat.

  • Meringankan batuk

Saat musim hujan kita kerap terkena penyakit batuk. Daun kumis kucing dapat meringankan batuk atau penyakit yang menyerang tenggorokan dan saluran pernafasan. Hal ini karena daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu membunuh kuman di tenggorokan dan berperan sebagai obat batuk alami.

  • Detoks Tubuh

Daun kumis kucing bermanfaat untuk detoks tubuh. Minumannya berupa teh Jawa yang diyakini dapat membantu membersihkan racun dan kuman dari dalam tubuh. Minuman herbal tersebut dibuat dari tanaman kumis kucing yang dicampur dengan rempah lainnya.

Itulah manfaat daun kumis kucing. Untuk ibu hamil, menyusui, dan seseorang yang menunjukkan gejala alergi dapat mengonsultasikan penggunaannya pada dokter.

Nah, di atas merupakan manfaat dari kedua tumbuhan tersebut yaitu tumbuhan Meniran dan Kumis Kucing. Bagaimana banyak kan, manfaatnya tapi harus berhati-hati jika konsumsi secara langsung.

Mimin punya saran ada produk dari AGARILLUS yang sudah ada ekstrak kandungan dari daun Meniran dan daun Kumis Kucing yaitu PROREN.

Pada produk PROREN juga terdapat banyak kandungan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh untuk informasi lebih lanjut kunjungi link berikut https://www.mutiaraberlian.id/proren/

Di sana juga terdapat produk lain yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda silahkan dicek sesuai kebutuhan anda. Untuk info pembelian lebih lanjut bisa hubungi nomer Whatsapp CS kami yang sudah tertera pada link di atas. Selamat beraktivitas dan tetap jaga kesehatan.

Sumber :
https://www.merdeka.com/trending/10-manfaat-daun-meniran-cegah-peradangan-hingga-atasi-diabetes-kln.html?page=all

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4859250/7-manfaat-daun-kumis-kucing-jangan-remehkan-khasiatnya

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.