Ekstrak Bunga Marigold Mengatasi Penyakit Katarak

Ekstrak Bunga Marigold Mengatasi Penyakit Katarak

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Halo halo.., sobat Agarillus. Gimana kabar kalian? Mimin sih okay. Kalian seharusnya juga lebih okee.

Kembali ke artikel yaa… Okay kali ini Mimin membagikan artikel sayur yang biasanya dikulup eiits tapi di sini yang dibahas bunganya ya, bukan daun yang biasanya kalian makan.

Mengenal Bunga Marigold

Marigold atau bunga yang terkenal dengan nama bunga gemitir atau gumitir (khas Pulau Bali), warna kuning cerah yang banyak digunakan sebagai tanaman hias, terutama dalam acara pernikahan.

Keindahannya yang mempesona ternyata juga dilengkapi dengan berbagai manfaat kesehatan. Bisa dikonsumsi atau diolah dengan cara lain agar memperoleh manfaatnya, tergantung kebutuhan saja.

Marigold berasal dari genus Tagetes, nama latinnya berbeda tergantung speciesnya. Dua yang paling terkenal adalah Tagetes erecta dan Tagetes patula. Soal asal bunga ini memiliki dua tempat. Ada yang mengatakan berasal dari Meksiko dan ada yang mengatakan berasal dari Amerika Tengah.

Di Meksiko, tanaman ini ditemukan tumbuh di alam liar di berbagai negara bagian seperti di Chiapas, San Luis Potosí, Meksiko, Tlaxcala, Sinaloa, Puebla, dan Veracruz.

Bunga ini memiliki ciri berwarna kuning atau orange dengan bunganya yang gemuk, sedikit membulat, memiliki kelopak-kelopak yang saling bertumpukan, ada juga lho yang bunganya berwarna putih. Daun-daun dan batangnya tumbuh membentuk semak dengan ketinggian mampu mencapai 90 centi meter.

Kandungan Zat dalam Bunga Marigold

Ditelisik dari namanya bunga Marigold ini mempunyai arti “tiap sepanjang bulan”. Menurut cerita dan kondisi aslinya, nama ini diambil dari kebiasaan bunga ini yang selalu tumbuh di awal bulan. Terutama pada musim panas, bunga Marigold dapat tumbuh sepanjang bulan tanpa ada halangan.

Di India, bunga Marigold dianggap sebagai bunga paling sakral diikuti dengan dijadikannya bunga ini sebagai bunga yang akan dikalungkan pada leher patung dewa di sana. Tak hanya disakralkan dan memiliki keindahan, bunga Marigold memiliki manfaat luar biasa yang didapat dari kendungan zat di dalamnya.

Dalam setiap kelopak bunga Marigold memiliki kandungan senyawa yaitu:

  • Karotenoid

Yakni sebuah pikmen organik yang terdapat dalam tumbuhan. Pigmen ini berperan sebagai antioksidan. Selain ditemukan pada bunga Marigold dan tumbuhan lain, Karatenoid juga ditemukan dalam alga, dan sejumlah bakteri.

  • β-karoten

Yakni pigmen berwana merah hingga jingga yang secara alamiah ditemukan dalam tumbuhan. Pigmen ini juga berperan sebagai antioksidan, semacam vitamin A dan C. Secara umum, betakaroten ditemukan dalam wortel, labu, dan ubi, sehingga mereka memiliki warna dari merah hingga jingga.

  • Trans-lutein

Ini sebenarnya juga merupakan salah satu jenis karotenoid yang memiliki fungsi sangat penting. Ia adalah satu-satunya antioksidan yang berfungsi mencegah terjadinya katarak. Selain juga memiliki fungsi anti penuaan dini (antiaging) karena terpapar radiasi sinar UVB matahari.

Manfaat bunga Marigold

  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Jika anda mengalami keracunan, anda dapat mengkonsumsi kelopak bunga Morigold. Caranya: seduh kelopak bunga Marigold, seperti anda membuat teh. Ini akan membantu Anda membersihkan racun yang masuk dalam tubuh terutama yang berada dalam hati dan kantung empedu.

  • Mengobati masalah pencernaan

Ketika anda mengkonsumsi kelopak bungan Marigold sebagai teh, anda juga dapat memperoleh manfaat berupa kesehatan pencernaan. Dapat juga mencegah penyakit tukak lambung, gastritis, bahkan kanker perut.

  • Melawan radikal bebas

Banyaknya kandungan antioksidan yang terdapat dalam bunga Marigold menjadikan bunga ini sangat efektif digunakan untuk mencegah masuknya radikal bebas. Apalagi bunga ini juga memiliki sifat anti-karsinogenik atau anti kanker.

  • Mengobati demam dan sakit tenggorokan

Caranya masih sama dengan cara nomor 4 dan 5. Yakni menjadikan bunga ini sebagi teh. Teh bunga Marigold membantu melawan demam dan batuk. Sementara jika sakit tenggorokan, anda dapat berkumur dengan air bungan Marigold sebanyak 3 kali sehari.

  • Mengobati masalah menstruasi dan menopause

Teh bunga Morigold memili kandungan atau sifat emmanogogic. Sifat ini diketahui secara efektif mempu menenangkan Rahim sehingga rasa nyeri akan hilang. Kandungan ini juga mampu meringankan menopause.

  • Melembabkan kulit

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, untuk mendapatkan manfaat pada kulit, Anda dapat menggunakan minyak yang terbuat dari bunga Marigold. Kulit anda akan menjadi lebih sehat dan juga terhindar dari masalah kulit.

  • Mengurangi peradangan

Manfaat ini juga berasal dari minyak bunga Marigold. Kandungan anti inflamasinya sangat baik mengatasi peradangan dan pembengkakan karena cedera.

  • Mengusir nyamuk

Marigold merupakan salah satu tanaman anti nyamuk paling efektif. Daripada pusing menumbuhkan lavender di dataran rendah (yang jelas lavender sulit kalau di dataran rendah, bagusnya dataran tinggi cuaca sejuk), mending menanam Marigold, lebih mudah dan tanamannya juga efektif melawan nyamuk-nyamuk nakal.

Produk AGARILLUS yang memiliki kandungan bunga Marigold adalah Agarillus Cardina A Bright. Produk ini digunakan untuk mejaga Kesehatan mata kalian. Dan beberapa permasalahan di mata seperti katarak, glukoma, bintitan. Silahkan aja klik situs web resmi atau hubungi agen-agen kami yang terdekat dengan lokasi anda untuk membelinya. Terimakasih sobatku!

Dari artikel yang Mimin bagikan semoga menambah informasi dan juga semoga bermanfaat, sampai jumpa sob! Jangan lupa jaga kesehatan ya.

Sumber artikel : https://bibitbunga.com/

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.