Ketahui penyakit yang ada dalam diri dengan mengetahui tipe feses anda.

Ketahui penyakit yang ada dalam diri dengan mengetahui tipe feses anda.

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Periksa Feses Anda

Normalnya, seseorang mampu buang air besar satu sampai dua kali sehari tanpa ngeden (memaksa). Feses juga tidak terlalu keras atau lembek dan tidak berbau. Feses juga tidak mengandung nanah, lendir, darah atau sisa makanan yang tidak tercerna. Sinshe biasanya mencatat frekuensi, bentuk dan warna feses serta perasaan sebelum BAB.

Ciri-ciri feses

  • Jika feses berbau busuk biasanya menandakan akumulasi panas.
  • Feses kering dan coklat tua menandakan panas ekses muncul di usus besar.
  • Fesesyang lembek dan sedikit hancur dengan bau busuk berarti dingin ekses di usus.
  • Feses yang sangat kering dan keras biasanya menandakan defisiensi darah atau cairan tubuh.
  • Fesesyang hancur tanpa bentuk biasanya karena defisiensi dingin di limpa dan lambung.
  • Awal keluar feses keras kemudian feses hancur menandakan akumulasi lembab karena defisiensi limpa.
  • Keluarnya feses kering dan hancur berselang seling karena disharmoni hati dan limpa.
  • Feses dengan sebagian sisa makanan yang tidak terurai beserta bau busuk disebabkan oleh asupan makanan yang salah, yang menyebabkan retensi makanan. Pasien juga akan mengeluarkan gas kentut.
  • Feses yang mengandung sisa makanan yang tidak terurai karena Yang ginjal lelah.
  • Fesesdengan mukus kuning dan tenemus berarti panas lembab sudah terakumulasi di usus besar.
  • Feses jika mengandung darah dan nanah berarti disentri.
  • Fesesasam pada anak-anak karena retensi makanan tanpa mencerna dengan tepat.

Konstipasi

Konstipasi merujuk kepada susah defekasi atau tidak sering BAB dan kemungkinan fesesnya kering atau keras. Menurut TCM, konstipasi biasanya karena panas berakumulasi di usus atau kekurangan cairan tubuh. Ini menyebabkan usus tidak bisa membuat gerak peristaltik. TCM membedakan konstipasi dalam empat kategori :

  1. Tipe panas. Ini dikarenakan panas ekses menghisap cairan tubuh membuat feses tidak bisa mengalir lancar, feses kering atau keras. Bergabung gejala pipi memerah, demam tipe rendah, haus, nafas bau, perut penuh dan sakit perut yang tidak hilang walau sudah ditekan. Dalam pemeriksaan, otot lidah merah, selaput lidah kuning kering, nadi cepat.
  2. Tipe dingin. Pasien susah defekasi dengan feses normal atau kering. Gejala lainnya meliputi sakit perut yang tidak kunjung reda walau sudah dipencet/ditekan di area perut,, muka pucat, kaki tangan dingin, tidak suka cuaca dingin dan suka minum air hangat. Pada pemeriksaan, otot lidah pucat, nadi dalam dan lambat. Ini adalah serangan dingin yang menghasilkan depresi Yang Qi dan sembelit qi usus.
  3. Tipe qi. Pasien merasakan konstipasi atau susah defekasi walau mendesak. Biasanya bergabung gejala rasa penuh di dada dan iga, sering bersendawa dan tidak nafsu makan. Dalam pemeriksaan, selaput lidah tipis dan berminyak, nadi tegang.
  4. Tipe defisiensi. Pasien mendesak ingin buang air besar, tetapi susah walalupun mencoba sekuat tenaga untuk melepaskan feses. Dalam beberapa kasus, feses sangat keras dan kering seperti feses domba. Gejala lainnya biasanya muka pucat, pusing dan lelah. Dalam pemeriksaan, otot lidah pucat,nadi lemah dan ragu-ragu. Ini adalah bentuki kekurangan darah dan cairan tubuh; atau karena defisiensi yin dan qi. Ini sering terjadi pada penyakit kronis, orang tua dan wanita yang baru melahirkan.

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order SEKARANG