Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Migrain adalah nyeri kepala dengan serangan nyeri yang berlangsung 4-72 jam. Migrain ditandai dengan nyeri kepala yang umumnya unilateral dengan sifat nyeri yang berdenyut, dan lokasi nyeri umumnya di daerah fronto temporal. Intensitas nyerinya sedang sampai berat dan diperhebat oleh aktivitas, dan dapat disertai mual, muntah, fotofobia, dan fonofobia.

Migrain secara umum dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Migraintanpa aura atau common migraine.
  • Migrain dengan aura atau classic migraine.

Yang paling sering terjadi adalah migrain tanpa aura yaitu sekitar 80% dari semua pengidap migrain.

Etiologi.

Penyebab terjadinya migrain masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor atau pemicu yang dapat menyebabkan terjadinya migraine.

  1. Riwayat penyakit migrain dalam keluarga.
  2. Perubahan hormone (esterogen dan progesteron) pada wanita, khususnya pada fase luteal siklus menstruasi.
  3. Makanan yang bersifat vasodilator (anggur merah, natrium nitrat), vasokonstriktor (keju, coklat) serta zat tambahan pada makanan.
  4. Stress.
  5. Faktor fisik, tidur tidak teratur.
  6. Rangsang sensorik (cahaya silau dan bau menyengat).
  7. Alokohol dan merokok.

Manifestasi Klinik.

  1. Fase Prodormal
    Gejalanya berupa perubahan mood, irritable, depresi atau euphoria, perasaan lemah, tidur berlebihan dan menginginkan jenis makanan tertentu. Gejala ini muncul beberapa jam atau hari sebelum nyeri kepala.
  2. Fase Aura
    Aura adalah gejala neurologis fokal kompleks yang mendahului atau menyertai serangan migrain. Fase ini muncul bertahap selama 5-20 menit. Aura dapat berupa sensasi motorik, sensorik, visual, atau gabungan diantaranya.Aura visual 64% muncul pada pasien dan merupakan gejala neurologis yang paling umum. Aura pada migrain biasanya hilang beberapa menit dan kemudian muncul nyeri kepala.
  3. Fase Nyeri Kepala
    Nyeri kepala migrain biasanya berdenyut, unilateral dan biasanya berawal di daerah fronto temporalis dan ocular. Kemudan setelah 1-2 jam menyebar secara difus ke arah posterior. Serangan berlangsung selama 4-72 jam pada orang dewasa dan pada anak-anak biasanya 1-48 jam. Intensitas nyeri sedang sampai berat dan mengganggu aktivitas sehari-hari.
  4. Fase Postdormal atau pemulihan
    Pasien merasa lelah, irritable, konsentrasi menurun dan terjadi perubahan mood. Pasien dapat tertidur dalam jangka waktu panjang.

Diagnosis Banding.

  1. Tension type headache
  2. Cluster headache
  3. Tumor intracranial
  4. Infeksi intracranial

Komplikasi.

Komplikasi migrain adalah rebound headache, nyeri kepala yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan analgesia seperti aspirin, asetaminofen, dan lain-lain yang berlebihan.

Pengobatan.

Agarillus Drop

Berperan dalam melancarkan peredaran darah, memperbaiki gangguan pada saraf di kepala, dan membantu menghilangkan rasa nyeri pada kepala.

Ditulis oleh:
dr. Ipak Ridmah Rikenawaty, M.Si
Konsultan Kesehatan CV. Mutiara Berlian

nyeri kepala sebelah atasi dengan agarillus drop agarillus herbal drink

Kesaksian mantan pasien yang telah sembuh dari migrain.

Saya mau order paket ini


Berbagi Kebaikan Itu Ibadah
Open chat
Order SEKARANG