Pengertian Chikungunya Beserta Cara Penularan nya

Pengertian Chikungunya Beserta Cara Penularan nya

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Pengertian Chikungunya adalah sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes Aegypti. Pengertian Chikungunya lain adalah bahasa Swahili yang artinya kejang urat. Penyakit ini ditandai dengan demam, mialgia, altralgia, ruam kulit, leukopenia, dan limfadenopati.

Gejala Klinis.

Gejala penyakit diawali dengan demam mendadak kemudian diikuti munculnya ruam kulit dan limfadenopati, altralgia, mialgia atau arthritis yang merupakan tanda dan gejala khas Chikungunya. Dibandingkan DBD, gejala Chikungunya muncul lebih dini.

Perdarahan jarang terjadi, diagnosis ditegakkan berdasarkan gambaran klinis dan laboratorium yaitu adanya antobodi IgM dan IgG dalam darah.

Demam Chikungunya atau flu tulang (break-bone-fever) mempunyai gejala dan keluhan penderita mirip demam dengue, namun lebih ringan dan jarang menimbulkan pendarahan.

Keluhan utama yang dialami penderita adalah:

  • Artralgia yang merasakan nyeri pada tulang-tulang.
  • Penderita dapat mengeluhkan nyeri atau ngilu bila berjalan kaki karena serangan pada sendi-sendi kaki.
  • Pembuluh konjungtiva mata, penderita tampak nyata dan disertai demam mendadak selama 2-3 hari.
  • Pemeriksanaan serum penderita pada uji hemaglutinasi inhibisi atau uji netralisasi menunjukkan tingginya titer antibodi terhadap virus Chikungunya.

Masa inkubasi Chikungunya adalah 1-6 hari.

Cara penularan.

Penularan Chikungunya dapat terjadi bila penderita yang mengandung virus Chikungunya digigit nyamuk penular maka virus dalam darah akan ikut terisap masuk dalam lambung nyamuk.

Selanjutnya virus akan memperbanyak diri dan tersebar diberbagai jaringan tubuh nyamuk di dalam kelenjar liurnya. Kira-kira 1 minggu setelah menghisap darah penderita (extrinsic incubation period) nyamuk tersebut siap untuk menularkan kepada orang lain. Virus ini akan tetap berada dalam tubuh nyamuk sepanjang hidupnya sehingga selain menjadi vektor juga menjadi reservoir dari virus Chikungunya.

Pengobatan.

  • Agarillus Celte
    Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.
  • Agarillus Drop
    Membantu menguatkan sistem imun dan meningkatkan kinerja organ tubuh agar kuat dalam melawan serangan virus. Kandungan gamat mampu menguatkan jaringan tulang dan sendi sehingga menghilangkan keluhan yang terjadi pada tulang dan sendi.
  • Madu Super
    Membantu meningkatkan stamina tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih cepat sehat dan segar kembali.

Ditulis oleh
dr. Ipak Ridmah Rikenawaty, M.Si
Konsultan Kesehatan CV. Mutiara Berlian

 


Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order SEKARANG