Q & A Tentang Kolesterol

Q & A Tentang Kolesterol

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Apakah kolesterol baik itu?

HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol yang berfungsi untuk membersihkan kelebihan kolesterol yang berbahaya di dalam darah dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL (high density lipoprotein) disebut sebagai ‘kolesterol baik.
High Density Lipoprotein: Jenis kolesterol dengan tingkat kelarutan yang tinggi yang dapat membantu membawa/melarutkan kolesterol jahat yang berbahaya untuk dimetabolisme di hati untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga tubuh tidak terjadi kelebihan kolesterol jahat.

Apakah kolesterol jahat itu?

Jenis ini disebut kolesterol jahat karena dapat menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan, jika kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi, sehingga bisa menyebabkan penyakit hiperkolesterolemia dan komplikasinya berupa penyakit jantung, ateroskeloris (penumpukan plak lemak di dinding pembuluh darah), dan stroke.

Berapa Kadar kolesterol yang harus dijaga agar terhindar dari penyakit hiperkolesterolemia/kelebihan kolesterol dalam darah?

Berikut adalah besaran kadar kolesterol berdasar jenis kolesterol, jika seseorang dikatakan menderita Hiperkolestreolemia.

  • Kadar kolesterol total > 200 mg/dL
  • Kadar LDL (Low Density Lipoprotein) > 100 mg/dL
  • Kadar HDL ( High Density Lipoprotein) < 40 mg /dL
  • Kadar Trigliserida > 150 mg/dL

Sehingga jika ingin terhindar dari penyakit hiperkolesterolemia maka kadar kolesterol total tidak boleh lebih dari 200 mg/dl, kadar LDL tidak boleh lebih dari 100 mg/dl, kadar HDL minimal 40 mg/dl, dan trigliserida tidak boleh melebihi 150 mg/dl

Mengapa jika kadar kolesterol jahat bisa menyebabkan penyakit jantung?

Jika terjadi penumpukan kolesterol jahat (LDL = Low Density Lipoprotein) di pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi kurang lancar sehingga supplai oksigen menjadi berkurang, jika ini terjadi di pembuluh darah jantung maka bisa menyebabkan penyakit jantung.

Jika ingin sehat maka kita harus menjaga kadar kolesterol baik, mengapa?

Kolesterol baik dapat membantu membawa/melarutkan kolesterol jahat yang berbahaya untuk dimetabolisme di hati untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga tubuh tidak terjadi kelebihan kolesterol jahat.

Makanan apa saja yang bisa menambah kadar kolesterol baik?

  • kacang polong
  • minyak zaitun
  • minyak ikan
  • alpukat
  • kedelai
  • ikan
  • buah serat tinggi : apel, pir

Disusun oleh:
Ibu Apt. Mitta Aninjaya, S.Farm
Konsultan Kesehatan CV. Mutiara Berlian

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.