Sambiloto, Pahit Sih Tapi Kaya Manfaat

Sambiloto, Pahit Sih Tapi Kaya Manfaat

Hai sobat Agarillus dimanapun kalian berada, gimana nih kabarnya? sehat kan pastinya, nah dikesempatan kali ini mimin mau bagi pengetahuan kesehatan lagi yaa.. kali ini tanamannya pahit tapi banyak hasiatnya, hayo apa ya kira-kira?,

Mimin yakin kalian udah pada bisa nebak nih… ya, namanya Sambiloto, udah pernah dengar? atau malah asing? tenang aja karena mimin akan mengkupas informasi seputar sambiloto sampai apa aja sih manfaat dari sambiloto itu sendiri? Hm… penasaran kan… yuk simak sampai selesai ya biar ga ada miss informasi..

Apa itu Sambiloto?

Tanaman berdaun hijau dengan rasa pahit namun banyak khasiatnya, itulah Sambiloto. Nama Latin dari Sambiloto adalah Androgaphis paniculata Ness yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Manfaat Sambiloto sejak dulu dianggap berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Memang masih perlu banyak penelitian ilmiah untuk membuktikan manfaat Sambiloto. Meski demikian, tak ada salahnya mengetahui apa saja khasiat yang membuat daun Sambiloto terkenal.

Masuk dalam family Acanthaceae, daun Sambiloto sejak dulu banyak digunakan sebagai obat. Pada tahun 1919 saja, Sambiloto kerap digunakan untuk mengatasi masalah flu dan demam. Bahkan ada klaim bahwa manfaat Sambiloto ampuh menghentikan penyebaran flu di India, meski belum ada pembuktian lebih lanjut.

Sejak itu, manfaat Sambiloto dikenal sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan utamanya adalah andrographolide yang membuatnya kerap dijadikan obat.
Tak hanya itu, daunnya juga mengandung saponin, flavonoid, alkaloid, dan tanin. Selain itu, Sambiloto juga memiliki zat seperti adalah lakton, paniculin, kalmegin, dan hablur kuning. Semuanya membuat Sambiloto terasa pahit namun kaya khasiat.

Manfaat Sambiloto

Banyak orang meyakini bahwa Sambiloto bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara yang alami. Beberapa manfaat Sambiloto di antaranya:

  • Membantu meredakan panas dalam

Banyak orang yang mengonsumsi Sambiloto ketika merasakan gejala panas dalam seperti batuk, radang tenggorokan, flu, hingga reaksi alergi. Sambiloto dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga mempercepat proses penyembuhan.

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker

agarillus untuk kanker

Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa Sambiloto memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jenis kanker yang terkait adalah prostat, payudara, usus, hepatoma, dan melanoma. Sambiloto memiliki manfaat memaksimalkan fungsi chemokine sehingga pertumbuhan sel kanker bisa ditekan.

  • ISPA

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2017 ditemukan manfaat Sambiloto untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya, Sambiloto dapat mempersingkat durasi batuk, panas dalam, dan lama seseorang mengalami sakit.

  • Sklerosis

BMC Neurology pernah meneliti bahwa peserta penelitian yang mengonsumsi Sambiloto 2 kali sehari selama 12 bulan dapat merasakan perbaikan dari masalah sklerosis yang dideritanya.

  • Pereda nyeri

Banyak orang menggunakan Sambiloto untuk menangkal bakteri, meredakan nyeri, menurunkan demam, dan juga mengatasi cacingan yang diderita seseorang.

  • Baik untuk pencernaan

Manfaat Sambiloto selanjutnya yang juga diyakini banyak orang adalah melindungi pencernaan. Banyak yang mengaku Sambiloto dapat meredakan diare, konstipasi, kolik, hingga nyeri di perut setelah dikonsumsi secara berkala.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV

Salah satu hipotesis yang terus dibuktikan oleh para peneliti adalah bahwa Sambiloto dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV. Tak hanya itu, sambiloto juga membantu produksi sel darah merah pada penderita HIV.

  • Meredakan gejala multiple sclerosis

Dalam sebuah studi yang dirilis di jurnal BMC Neurology, manfaat Sambiloto dipercaya dapat meredakan gejala lelah dan lesu pada pasien multiple sclerosis.
Dalam studi itu, para partisipan yang mengonsumsi Sambiloto sebanyak 2 kali dalam sehari, selama satu tahun, mengalami penurunan gejala lelah dan lesu secara signifikan.

  • Meredakan kolitis ulseratif

Kolitis ulseratif adalah penyakit yang ditandai dengan meradangnya lapisan usus besar. Tidak ada obat yang bisa mengatasi kolisi ulseratif.
Namun, dalam sebuah studi yang dirilis di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, ekstrak Sambiloto dipercaya lebih ampuh dibandingkan obat plasebo.

Banyak banget kan manfaat nya, nih Mimin punya rekomendasi dari produk AGARILLUS yang mengandung Sambiloto, yaitu PROKAN. Selain Sambiloto juga masih banyak lainya tanaman yang bagus untuk kesehatan, untuk informasi lebih detail mengenai kandungan dan manfaat dari PROKAN silahkan cek di website kami yaa, Masih bingung untuk produk nya? Langsung aja konsultasi ke nomer Whatsapp CS kita ya GRATIS lhoh…

Itu dia informasi seputar Sambiloto dari Mimin, kira-kira udah ada yang pernah mengkonsumsi ga ya? Hm… yang belum tenang aja Mimin udah ada produk nya ya hihi.. tetap jaga kesehatan dan produktif ya sobat Agarillus, akhir kta Mimin ucapkan terimakasih…

SUMBER : https://www.sehatq.com/artikel/pahit-tapi-kaya-khasiat-ini-dia-manfaat-sambiloto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2023 Mutiara Berlian CV.
Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.