Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Pengertian

Squalene merupakan senyawa alami yang diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia dan telah diteliti para ilmuwan. Squalene pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Jepang, Dr. Mitsumaru Tsujimoto tahun 1906. Penamaan diperoleh dari Squalus spp, nama keluarga ikan hiu yang hidup di perairan laut dalam, yang merupakan sumber terkaya dari senyawa ini. Squalene merupakan hasil ekstraksi minyak dari organ hati ikan hiu.

Squalene juga diproduksi tubuh dengan jumlah yang relatif kecil. Dalam tubuh, sebagian dari Squalene yang kita konsumsi akan disebarkan secara merata pada seluruh jaringan, dan sebagian lainnya akan menjalani metabolisme oleh liver menjadi beberapa komponen yang sangat esensial bagi tubuh.

Kandungan dan manfaatnya

Squalene merupakan hasil ekstraksi minyak dari organ hati ikan hiu. Squalene juga di produksi oleh tubuh manusia tapi dalam jumlah yang kecil. Squalene yang kita konsumsi di dalam tubuh akan disebarkan secara merata ke seluruh jaringan tubuh, dan sebagian lagi akan mengalami metabolisme di lever menjadi beberapa komponen yang di butuhkan tubuh.

Squalen dalam tubuh manusia terdapat antara lain pada:
Lemak subkutan  0.3 mg%
Lemak abdomen 0.15 mg%
Kulit                       0.148 mg%
Pancreas               0.0299 mg%
Hati                        0.0091 mg%

Dalam makanan
Minyak zaitun     0.8 mg %
Alpukat                0.044 mg%
Terong                  0.0024 mg%
Unggas                 0.0254 mg%
Keju                       0.0955 mg%
Tuna                      0.014 mg%
Hati ikan Hiu       90 mg%

Fungsi Squalene

1. Penguat dan penambah gairah hidup.
Squalene merupakan bahan baku dalam pembuatan kolesterol dan steroid. Kolesterol merupakan bahan baku dalam pembuatan hormon.

2. Sebagai bahan baku dalam pembentukan insulin, sehingga sangat bermanfaat untuk penderita Diabetes.

3. Menjaga fungsi kerja jantung.
Membantu membersihkan endapan plak, dan lipid yang mengendap pada pembuluh darah di jantung. Memperbaiki elastisitas pembuluh darah sehingga membantu kinerja jantung tetap normal.

4. Komponen penting dalam proses pembentukan hormon-hormon seksual.
Hormon-hormon seksual (Testosteron, estrogen, dll) memegang peran sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Pada Lansia juga dapat berfungsi untuk memperbaiki dan meningkat fungsi kelenjar kelamin dan organ pituitari yang terkenal sebagai pangkal reaksi sumber gairah seksual.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
Membantu meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Polimer isopropen yang di sebut terpen dan triterpene rantai terbuka (interferon inducer) meningkatkan jumlah sel sel limfosit T dan B serta jumlah sel makrofag.

 

6. Sebagai pelembab, pelicin dan penghalus kulit.
Squalene merupakan konstituen normal dan getah sebum, akan memberikan proteksi permulaan kulit dari lipid peroksidasi dan kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari oksigen, sehingga sangat bermanfaat sekali sebagai pelembab, pelicin, penghalus dan penghilang keriput kulit.

7. Mencegah penyakit kanker
Squalene merupakan senyawa kimia aktif yang dapat dengan cepat menangkap dan dengan cepat pula melepaskan oksigen ke dalam jaringan kanker. Squalen juga mengandung senyawa terpene dan triterpene rantai bebas (interferon inducer) sehingga meningkatkan dan mengaktifkan sel limfosit T terutama natural killer cell (nk cell) yang berfungsi membunuh sel kanker.

8. Berfungsi sebagai adaptogen.
Squalene merupakan senyawa yang tidak beracun, tidak mempunyai efek samping, dan berfungsi sebagai penormal atau penetralisir. Squalene juga berperan sebagai chelating agent atau zat yang berfungsi mengendapkan logam-logam berat.

 

9. Berfungsi sebagai penyokong oksigen.
Jika tiap sel dalam tubuh kita mendapat cukup suplai oksigen maka tiap sel akan selalu sehat dan tidak mudah sakit, sehingga segala macam penyakit akan hilang.

10. Mencegah penyakit katarak.
Selain karena faktor usia, katarak juga dapat terjadi karena pengguanaan obat antikolesterol golongan statin yg terlalu lama di konsumsi. Squalene dapat membantu mencegah pembentukan katarak.

11. Squalene berperan dalam merangsang sel imunitas dalam memperbaiki kerusakan jaringan tubuh.

12. Squalene dapat membantu dalam proses perbaikan jaringan tubuh yang terganggu karena HIV AIDS. Sistem imunitas yang terganggu pada pasein HIV AIDS dapat di perbaiki dengan penggunaan squalene.

KEMASAN:
Dalam kemasa botol plastik. Isi 30 butir softgel.

CARA KONSUMSI:

  • Untuk pencegahan konsumsi 1 x 2 kapsul.
  • Untuk gangguan jantung, terutama pasien yang dianjurkan pasang ring: 3 x 2-5 kapsul.
  • Untuk kasus penyakit ringan atau sebagai pendamping terapi yang ada: 3 x 1 kapsul.
 

Ditulis oleh

dr. Ipak Ridmah Rikenawaty, M.Si
Konsultan Kesehatan CV. Mutiara Berlian

Open chat
Order SEKARANG