Tips Sehat Pencernaan Untuk Penderita Maag

Tips Sehat Pencernaan Untuk Penderita Maag

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Biasakan makan dengan teratur

Lambung selesai mencerna makanan selama 4 jam. Kebiasaan makan tidak teratur akan menebabkan sebagian makanan tidak dicerna dengan sempurna oleh lambung. Makanan yang tidak dicerna ini bisa membusuk dan menyebabkan kembung.

Kunyah makanan dengan baik

Enzim ptialin dapat melakukan tugasnya dengan sempurna jika mengunyah makanan dengan baik. Jangan menelan makanan dengan tegesa-gesa atau mengunyah makanan sambil berbicara agar udara yang masuk ke dalam rongga mulut tidak berlebihan.

Jangan makan terlalu banyak

Jika makanan dalam lambung terlalu banyak dan melebihi kemampuan enzim untuk mencernanya, makanan tidak dapat tercerna dengan sempurna. Makanan ini akan masuk ke usus halus sehingga menyebabkan salah cerna, terjadi fermentasi dan menimbulkan gas.

Jangan berbaring setelah makan

Berbaring setelah makan dapat menimbulkan gastroesophageal reflux, yaitu kondisi makanan yang sudah dalam keadaan asam kembali masuk ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tidak enak. Jadi harus berhenti makan minimal 2 jam sebelum tidur.

Kurangi konsumsi makanan yang pedas dan asam

Hindari makanan yang pedas atau asam karena akan meningkatkan produksi asam lambung. Jangan menggunakan bumbu yang kuat, misalnya cabai, merica dan cuka.

Kurangi menyantap makanan yang menimbulkan gas

Beberapa jenis makanan seperti nangka, kacang-kacangan, dan ubi dapat menimbulkan gas yang menyebabkan perut kembung.

Jangan makan makanan yang terlalu panas dan minum minuman yang terlalu dingin

Makanan yang terlalu panas dan minuman yang terlalu dingin akan menyebakan iritasi pada lapisan dinding lambung. Jika terjadi berulang-ulang, lambung akan rusak dan pencernaan akan terganggu. Pilihlah makanan yang hangat, yang suhunya mendekati suhu tubuh.

Mengurangi makanan yang digoreng

Pilihlah makanan yang lunak, yang dimasak dengan cara direbus atau ditim. Makanan yang digoreng biasanya menjadi keras dan sulit dicerna.

Hindari merokok dan minuman yang mengandung kafein

Getah tembakau yang tertelan dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung. Kafein akan merangsang produksi asam secara berlebihan dalam lambung. Kopi dan teh mengandung kafein. Bagi penderita gastritis/ maag, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi dan teh.

Berpikir dengan rileks

Berpikir positif dan rileks dapat mengurangi stres. Jika stres system pencernaan tidak berfungsi optimal. Cobalah untuk selalu tenang dalam menjalani hidup anda.

Kurangi mengkonsumsi cokelat

Kandungan kakao, kafeina, dan stimulant lain seperti theobromine dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak. Sementara itu, lemak dapat berpengaruh pada asam lambung.

Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan mukosa dalam lambung serta dapat mengakibatkan peradangan dan perdarahan.

Paket Agarillus Series untuk membantu gangguan pencernaan (gastritis/maag)

agarillus untuk kolesterol

AGARILLUS HERBAL DRINK : 3 x sehari 1 sloki

AGARILLUS DROP : 3 x sehari 10 tetes

MADU TEMULAWAK : 3 x sehari 2 sendok makan

Ditulis oleh:
Apt. Mitta Aninjaya, S.Farm
Konsultan Kesehatan CV. Mutiara Berlian

Tinggalkan balasan

Konsultasi sekarang
1
Konsultasi sekarang
Halo pelanggan Agarillus. Untuk konsultasi, sebutkan nama, nomor kontak, dan lokasi tempat tinggal anda.