Apa sih sebenarnya vertigo itu? Obatnya apa?

Apa sih sebenarnya vertigo itu? Obatnya apa?

Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Vertigo

Pengertian Vertigo adalah gangguan vestibuler yang paling sering ditemui, dengan gejala rasa pusing berputar diikuti mual muntah dan keringat dingin, yang dipicu oleh perubahan posisi kepala terhadap gaya gravitasi tanpa adanya keterlibatan lesi di susunan saraf pusat.

Vertigopaling sering ditemukan adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Benign Paroxysmal Positional Vertigoterbagi atas dua jenis, yaitu :

a. Benign Paroxysmal Positional Vertigo Kanalis Posterior.

Jenis ini paling sering terjadi, dimana tercatat bahwa BPPV tipe ini 85% sampai 90% dari kasusBPPV. Penyebab paling sering terjadi yaitu kanalitiasis, dimana debris endolimfe yang terapung bebas cenderung jatuh ke kanal posterior karena kanal ini adalah bagian vestibulum yang berada pada posisi yang paling bawah saat kepala pada posisi berdiri ataupun berbaring.

b. Benign Paroxysmal Positional VertigoKanalis Horizontal (Lateral).

Karakteristik vertigo posisional yang diikuti gerakan nistagmus horizontal berubah arah. Arah nistagmus horizontal yang terjadi dapat berupa geotropik (arah gerakan fase cepat ke arah telinga di posisi bawah) atau apogeotropik (arah gerakan fase cepat ke arah telinga di posisi atas) selama kepala dipalingkan ke salah satu sisi dalam posisi telentang. Nistagmus geotropik terjadi karena adanya otokonia yang terlepas dari utrikulus dan masuk ke dalam lumen posterior kanalis horizontal (kanalolitiasis), sedangkan nistagmus apogeotropik terjadi karena otokonia yang terlepas dari utrikulus menempel pada kupula kanalis horizontal (kupulolitiasis) atau karena adanya fragmen otokonia di dalam lumen anterior kanalis horizontal.

Gejala Klinis

Gejala-gejala klinis dari BPPV adalah pusing, ketidakseimbangan, sulit untuk berkonsentrasi, dan mual. Kegiatan yang dapat menyebabkan timbulnya gejala dapat berbeda-beda pada tiap individu, tetapi gejala dapat dikurangi dengan perubahan posisi kepala mengikuti arah gravitasi.

Gejala dapat timbul dikarenakan perubahan posisi kepala seperti saat melihat ke atas, berguling, atau pun saat bangkit dari tempat tidur.

BPPV tidak dianggap sebagai sesuatu yang membahayakan kehidupan penderita. Namun BPPV dapat mengganggu pekerjaan dan kehidupan sosial penderita.

Penanganan Penderita Vertigo

Vertigo bukan suatu penyakit tersendiri, melainkan gejala dari penyakit yang letak lesi dan penyebabnya berbeda-beda. Oleh karena itu, pada setiap penderita vertigo harus dilakukan anamnesis dan pemeriksaan yang cermat dan terarah untuk menentukan bentuk vertigo, letak lesi dan penyebabnya.

agarillus vertigo

Pemeriksaan Fisik

Ditujukan untuk meneliti faktor-faktor penyebab, baik kelainan sistemik, otologik atau neurologikvestibuler atau serebeler, dapat berupa pemeriksaan fungsi pendengaran dan keseimbangan, gerak bola mata/nistagmus dan fungsi serebelum. Pendekatan klinis terhadap keluhan vertigo adalah untuk menentukan penyebab, apakah akibat kelainan sentral yang berkaitan dengan kelainan susunan saraf pusat (korteks serebrum serebelum, batang otak) atau berkaitan dengan sistim vestibuler/otologik.

Selain itu harus dipertimbangkan pula faktor psikologik/psikiatrik yang dapat mendasari keluhan vertigo tersebut. Faktor sistemik yang juga harus dipikirkan atau dicari antara lain aritmi jantung, hipertensi, hipotensi, gagal jantung kongestif, anemi, hipoglikemi.

Dalam menghadapi kasus vertigo, pertama-tama harus ditentukan bentuk vertigonya, lalu letak lesi dan kemudian penyebabnya, agar dapat diberikan terapi kausal yang tepat dan terapi simtomatik yang sesuai.

Terapi Herbal

agarillus drop meringankan vertigo agarillus herbal drink mengatasi vertigo

AGARILLUS DROP

Di gunakan untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kinerja saraf dan pembuluh di otak, dan menguatkan daya tahan tubuh.

AGARILLUS HERBAL DRINK

Membantu membuang radikal bebas dalam darah yang dapat menjadi pemicu gangguan dalam tubuh, termasuk dalam hal ini hal hal yang memicu terjadinya gangguan sistem metabolisme tubuh di otak. 

Ditulis oleh:
dr. Ipak Ridmah Rikenawaty, M.Si
Konsultan Kesehatan CV. Mutiara Berlian

Kembali ke Agarillus Drop

Cek website dan sosial media kami di bawah ini.
Marketplace : https://mutiaraberlian.com/
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/mutiaraberliancv
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/mutiaraberliancv
Instagram : https://www.instagram.com/agarillusseries/
Facebook : https://www.facebook.com/agarillusseries354
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCvviHyuMJ


Berbagi Kebaikan Itu Ibadah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order SEKARANG